Tuesday, April 3, 2012

Resep Kue Sus



Kue Sus adalah kue berbentuk bundar dengan rongga yang berisi vla. Berbeda dengan adonan kue bolu dan cake, adonan kue sus bukan didapat dari mengocok telur atau mentega dengan gula. Adonan kue sus  dibuat dari menambahkan tepung terigu ke dalam campuran air atau susu cair yang dimasak bersama margarin hingga mendidih. Telur ayam ditambahkan satu per satu di dalam adonan sambil diaduk hingga adonan tidak lengket di panci.


Bahan :
200 cc susu cair
100 gram margarin
125 gram terigu
4 butir telur
1/4 sdt garam
1/4 sdt baking powder
Vla :
200 cc susu cair
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu
3 sdm maizena
2 kuning telur
Sedikit rum
Garam secukupnya


Cara Membuat :
1. Panaskan susu dan margarin sampai mencair, masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu, aduk sampai rata hingga menjadi adonan yang kental, licin, kalis, dan tidak lengket di panci. Angkat.
2. Setelah adonan hangat masukkan baking powder dan telur satu persatu sambil diaduk dengan sendok kayu, hingga merata.
3. Tuang adonan ke dalam plastik segitiga/piping bag yang telah diisi dengan sepuit bintang. Semprotkan adonan ke dalam loyang yang telah di olesi margarin dan sedikit tepung.
4. Panggang adonan dalam oven dengan suhu 200oC hingga kue mengembang, matang, dan berwarna kuning kecoklatan.
5. VlaLarutkan tepung maizena, tepung terigu, gula dan garam dengan susu  cair. Masak hingga mendidih, mengental dan matang. Angkat.Selagi panas, tambahkan mentega, vanili, kuning telur dan rum. Aduk rata. Dinginkan. Vla siap digunakan.

0 comments:

Post a Comment